Thursday, September 15, 2016

Perintah Dasar DOS dan Fungsinya

Assalamu'alaikum Wr Wb

         Selamat datang di blog, Sebelum Saya mohon ma'af untuk kelompok hari senin karena mungkin terjadi miss Communication jadi sebenarnya sudah saya umumkan kalau jadwal diganti hari Kamis tetapi karena kalian mungkin sudah terlanjur ada acara lain jadi banyak yang tidak masuk pada hari Kamis ini. Untuk tugas sudah saya post di sini . Jadi tetep dikerjakan walaupun tidak masuk. ok :-) :-) :-)
      Hari ini saya akan menjelaskan perintah - perintah pada DOS (Disk Operating System) yang sering digunakan. DOS  merupakan  salah  satu  sistem  operasi  berbasis CLI  yang  bisa digunakan pada komputer IBM  PC  dan  kompatibelnya.  DOS  merupakan file program  yang berisi serangkaian instruksi yang  telah diterjemahkan dalam  bahasa  mesin  dan disimpan  dengan  kode-kode  binner. untuk menjalankan perintah DOS kita bisa menggunakan command promt pada windows. cara buka command promt adalah masuk ke start-->all program--> accessoris--> command prompt atau tekan icon windows+R lalu ketikkan cmd lalu tekan tombol ok

Berikut tampilan dari command promtnnya.

Langkah pertama agar mudah dalam menjalankan intruksinya, kita ubah dulu direktorinya ke direktori C. Caranya ketikkan cd\ Lalu tekan enter. maka tampilannya akan seperti dibawah ini.

Setelah itu tinggal kita coba perintah-perintah DOS ke dalam command promtnya. ada 2 macam instruksi yaitu internal dan external untuk lebih jelasnya kalian download materinya dan praktikan di komputer anda masing masing. untuk link downloadnya ada dibawah ini:
Demikian dari saya dan apabila ada pertanyaan silahkan ditanyakan lewat komentar atau bisa hubungi saya lewat kontak di about

Terimakasih,,,, Selamat Belajar dan Jangan Mudah menyerah,,,,, 

Wassalamu'alaikum Wr Wb





0 comments:

Post a Comment